Selasa, 23 April 2013



Silabus penjas kls VI
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar Berdasarkan
Permendiknas No. 22 Tahun 2006
Usulan Kompetensi Dasar
1.   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.


2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran
2.1 Menunjukkan disiplin, kerjasama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan,sportif dantanggung jawab, menghargai perbedaan
3.   Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
Mengenal bahaya narkoba
Mengenal cara menghindari bahaya narkoba
Mengenal cara menolak ajakan menggunakan narkoba
Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan seksual
3.1 Memahami dan mampu mengukur kebugaran jasmani dengan salah satu jenis tes kebugaran
3.2  Memahami dan mampu memelihara diri dari penyakit menular dan tidak menular
3.3  Memahami dan mampu menghindarkan diri dari bahaya Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditif  terhadap tubuh
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia..
Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
Mempraktikkan gerak dasar salah satu permaian bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam teknik lari, lempar dan lompat dengan peraturan yangdimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran
Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
Mempraktikkan pengembangan koordinasi beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur
Mempraktikkan berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerja keras
Mempraktikkan jenis latihan yang sesuai untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh, serta nilai keselamatan, disiplin, kerjakeras
Mempraktikkan sikap hidup sehat untuk          memelihara kondisi kesehatan
Mempraktikkan peregangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan, serta nilai disiplin.
Mempraktikkan aktivitas kondisi fisik secara terencana dan sungguh sungguh
Mempraktikkan aktivitas secara berkelanjuatan dalam rangka meningkatkan kebugaran , serta nilai keselamatan, disiplin dan kerja keras
Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam
Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus, jelas dan lancar, serta nilai percaya diri, disiplin dan estetika
Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten, dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan,disiplin, dan kerjasama
Mempraktikkan kombinasi bentuk-bentuk senam lantai dan senam ketangkasan dengan koordinasi, dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama
Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana menggunakan gerak  jalan dan lompat secara berpasangan, serta nilai kerja sama,  disiplin dan estetika
Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak, serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika
Mempraktikkan  gerak  ritmik sederhana di tempat dengan gerakan membungkuk, menekuk maupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
Mempraktikkan kombinasi gerak ritmik sederhana  dengan jalan dan lompat secara  berpasangan dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai maupun lengan  renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan
Mempraktikkan cara bernapas salah satu gaya renang, serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan
Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada, serta  nilai keberanian dan disiplin
Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air
4.1  Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang  baik melalui permainan dan olahraga atletik dan atau  tradisional
4.2  Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotir, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil dan bola besar dengan kontrol yang baik.
4.3  Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar bela diri yang dimodifikasi dalam permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.4       Mengukur status kebugaran mengunakan berbagai instrument penilaian (Tes Kesegaran Jasmani Indonesia)
4.5 Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten,  tepat dan kontrol yang baik serta mempraktikkan variasi  dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: piramid) dalam kelompok besar
4.6 Mempraktikkan  kombinasi pola aktivitas gerak dasar berirama bertema daerah dan nasional dalam koreografi klasikal yang dilandasi konsep gerak  mengikuti irama (ketukan), tanpa/dengan musik
4.7  Mempraktikkan keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam kecepatan tertentu*
4.8 Mempraktikkan keterampilan aksi pemberian bantuan keselamatan secara bertanggung jawab, serta  melakukan tindakan (simulasi) resusitasi (pemijatan jantung dan nafas buatan)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar