Silabus penjas kls VI
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar Berdasarkan
Permendiknas No. 22 Tahun 2006
|
Usulan Kompetensi Dasar
|
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
|
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
|
nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran
|
2.1 Menunjukkan disiplin, kerjasama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan,sportif dantanggung jawab, menghargai perbedaan
|
3.
Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
Mengenal bahaya narkoba
Mengenal cara menghindari bahaya narkoba
Mengenal cara menolak ajakan menggunakan
narkoba
Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan
seksual
|
3.1 Memahami dan mampu mengukur kebugaran jasmani dengan
salah satu jenis tes kebugaran
|
3.2 Memahami dan mampu memelihara diri dari penyakit
menular dan tidak menular
|
||
3.3 Memahami dan mampu menghindarkan diri dari bahaya
Narkotika, Psikotropika, dan Zat
Aditif terhadap tubuh
|
||
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia..
|
Mempraktikkan gerak dasar salah satu
permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
Mempraktikkan gerak dasar salah satu
permaian bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam
teknik lari, lempar dan lompat dengan peraturan yangdimodifikasi, serta nilai
semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran
Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah
satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi,
serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah
satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi,
serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
Mempraktikkan pengembangan koordinasi
beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta
nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu
dilatih untuk memperbaiki postur
Mempraktikkan berbagai latihan untuk
memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai keselamatan, disiplin,
dan kerja keras
Mempraktikkan jenis latihan yang sesuai
untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh, serta nilai keselamatan,
disiplin, kerjakeras
Mempraktikkan sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan
Mempraktikkan peregangan otot dan pelemasan
persendian dengan baik sebelum latihan, serta nilai disiplin.
Mempraktikkan aktivitas kondisi fisik
secara terencana dan sungguh sungguh
Mempraktikkan aktivitas secara
berkelanjuatan dalam rangka meningkatkan kebugaran , serta nilai keselamatan,
disiplin dan kerja keras
Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan
sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam
Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan
senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus, jelas dan lancar, serta
nilai percaya diri, disiplin dan estetika
Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai
dan senam ketangkasan dengan konsisten, dan kontrol yang baik, serta nilai
keselamatan,disiplin, dan kerjasama
Mempraktikkan kombinasi bentuk-bentuk senam
lantai dan senam ketangkasan dengan koordinasi, dan kontrol yang baik, serta
nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama
Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik
sederhana menggunakan gerak jalan dan
lompat secara berpasangan, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika
Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik
sederhana beregu dengan kompak, serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika
Mempraktikkan gerak
ritmik sederhana di tempat dengan gerakan membungkuk, menekuk maupun
meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerja sama, disiplin, dan
estetika
Mempraktikkan kombinasi gerak ritmik
sederhana dengan jalan dan lompat
secara berpasangan dan beregu, serta
nilai kerja sama, disiplin, dan estetika
Mempraktikkan gerak dasar meluncur,
menggerakkan tungkai maupun lengan
renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian,
disiplin, dan kebersihan
Mempraktikkan cara bernapas salah satu gaya
renang, serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan
Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan
tungkai dalam renang gaya dada, serta
nilai keberanian dan disiplin
Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di
air
|
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari,
lompat, dan lempar dengan kontrol yang
baik melalui permainan dan
olahraga atletik dan atau
tradisional
|
4.2 Mempraktikkan variasi
dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotir, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil dan bola besar dengan kontrol yang baik.
|
||
4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar bela diri yang dimodifikasi dalam permainan sederhana dan atau permainan tradisional
|
||
4.4 Mengukur
status kebugaran mengunakan berbagai instrument
penilaian (Tes Kesegaran Jasmani Indonesia)
|
||
4.5 Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat dan kontrol
yang baik serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: piramid) dalam kelompok besar
|
||
4.6 Mempraktikkan kombinasi pola aktivitas gerak dasar
berirama bertema daerah dan nasional dalam koreografi klasikal yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan), tanpa/dengan
musik
|
||
4.7 Mempraktikkan keterampilan satu gaya renang dengan
koordinasi yang baik dalam kecepatan tertentu*
|
||
4.8 Mempraktikkan keterampilan aksi
pemberian bantuan keselamatan secara bertanggung jawab, serta melakukan
tindakan (simulasi) resusitasi (pemijatan jantung dan nafas buatan)*
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar